Mengenal Lebih Dekat Penyakit Jantung dan Bahayanya bagi Kesehatan

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Jantung dan Bahayanya bagi Kesehatan
Sumber : google
JAKARTA, kolomberita.id - Penyakit jantung adalah kondisi yang mempengaruhi struktur atau fungsi jantung. Banyak orang menganggap penyakit jantung sebagai satu kondisi saja. Namun, sebenarnya penyakit jantung adalah sekelompok kondisi dengan berbagai penyebab yang berbeda.

Terdapat banyak jenis penyakit jantung yang berbeda. Beberapa jenis dapat dikelompokkan berdasarkan bagaimana mereka mempengaruhi struktur atau fungsi jantung Anda.

Penyakit arteri koroner dan vaskular disebabkan oleh pengerasan arteri (aterosklerosis). Penyakit arteri koroner terjadi ketika arteri di jantung Anda menyempit atau terblokir. Ini adalah jenis penyakit jantung yang paling umum dan menyebabkan sebagian besar serangan jantung serta angina (nyeri dada). Penyakit vaskular adalah masalah pada pembuluh darah lain yang mengurangi aliran darah dan memengaruhi fungsi jantung Anda.

Gangguan irama jantung (aritmia) menyebabkan jantung berdetak terlalu lambat, terlalu cepat, atau dengan pola yang tidak teratur. Jutaan orang mengalami gangguan irama jantung yang mengganggu aliran darah. Terdapat banyak jenis aritmia - beberapa tidak memiliki gejala atau tanda peringatan; yang lain dapat terjadi tiba-tiba dan berakibat fatal.

Penyakit struktural jantung merujuk pada kelainan struktur jantung - termasuk katup, dinding, otot, atau pembuluh darah di sekitar jantung. Hal ini dapat ada sejak lahir (kongenital) atau didapat setelah lahir melalui infeksi, kerusakan, atau faktor lainnya. Orang yang hidup dengan kelainan jantung dan keluarganya membutuhkan dukungan sepanjang setiap tahap kehidupan mereka, seringkali memerlukan perawatan medis berkelanjutan dan tindakan operasi.

Gagal jantung adalah kondisi serius yang berkembang setelah jantung mengalami kerusakan atau melemah. Dua penyebab paling umum dari gagal jantung adalah serangan jantung dan tekanan darah tinggi. Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan, tetapi diagnosis dini, perubahan gaya hidup, dan pengobatan dapat membantu orang menjalani kehidupan aktif, tetap menjauh dari rumah sakit, dan hidup lebih lama.

Penyakit jantung lainnya meliputi infeksi, pembesaran otot jantung, dan gangguan yang diwarisi. Jika Anda ingin informasi lebih lanjut tentang salah satu jenis penyakit jantung tertentu, silakan lihat bagian Heart/conditions di situs web ini.

Demikianlah mengenai penyakit jantung dan jenis-jenisnya. Diharapkan dengan pemahaman yang lebih baik mengenai penyakit ini, masyarakat dapat lebih waspada dan menjaga kesehatan jantung mereka. Tetaplah menjalani gaya hidup sehat dan berkonsultasilah dengan dokter untuk pencegahan dan pengobatan yang tepat.

Red

0 Komentar