Inovasi Kesehatan, Posbindu Lansia Terpadu di Puskesmas Karang Satria

Inovasi Kesehatan, Posbindu Lansia Terpadu di Puskesmas Karang Satria

Kabupaten Bekasi, kolomberita.id - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Karang Satria membuka layanan dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat. Layanan tersebut untuk Pralansia dan Lansia di Pos Binaan Terpadu (Posbindu) sebagai upaya pencegahan penyakit sejak dini.

"Tujuannya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, mendeteksi sedini mungkin penyakit atau faktor resiko yang ada pada Pralansia usianya 45 - 59 tahun dan Lansia diatas usia 60 tahun," ujar pelaksana program Lansia pada UPTD Puskesmas Karang Satria, Ariyani, di Posbindu RW 032 Desa Karangsatria, Kecamatan Tambun Utara pada Rabu (27/09/2023).

Ariyani mengatakan, Posyandu Lansia terintegrasi dengan Posbindu PTM ini merupakan sebuah wadah untuk mengontrol kesehatan masyarakat, baik usia produktif maupun Lansia.

"Posbindu Lansia atau Posbindu PTM ini sangat bermanfaat sebagai upaya peningkatan kesejahteraan Lansia baik fisik maupun psikologis dan suatu wadah yang memang tempat kita bertemu bagaimana kita mengecek kesehatan para Pralansia maupun Lansia agar terwujudnya derajat kesehatan masyarakat," katanya.

Aryani menjelaskan, Posbindu bagi Pralansia dan Lansia dengan meliputi senam, memberikan edukasi dalam kesehatan, pemeriksaan tinggi badan, berat badan, lingkar perut, tekanan darah, pemeriksaan darah untuk mengukur gula darah, kolesterol, asam urat.

"Alhamdulillah antusias warga sangat luar biasa dan merasa senang untuk memeriksakan kesehatan mereka, kita juga lihat  buku kesehatan dari para lansia saat mengecek  kesehatannya," katanya.

Ia menambahkan, untuk di wilayah Puskesmas Karang Satria sudah 10 Posbindu untuk mengecek kesehatannya bagi para lansia yang ada di 3 Desa.

"Ya, sudah ada sepuluh Posbindu lansia yang ada di 3 Desa yaitu Desa Karangsatria, Satriajaya dan Jejalenjaya jadi kita muter ke setiap Posbindu nya," tandasnya.

Red

0 Komentar